Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Lirik Lagu Aiya Susanti yang Viral di TikTok, Ternyata dari Film Tahun 1961 an

Admin
29 Jan 2023, 20.49 WIB Last Updated 2023-01-29T13:49:57Z

 


AIYA SUSANTI - DRXML REMIX

Lagu Aiya Susanti kini sedang jadi tren di media sosial khususnya platform TikTok. Lagu yang diambil dari serial kartun Malaysia ini banyak digunakan sebagai lagu latar untuk video yang dibuat pengguna TikTok.

Irama lagu yang asyik ditambah lirik yang enak menjadi paduan yang cocok hingga membuat banyak pengguna menyukai lagu ini. Video yang dibuat pun beragam, ada yang merekam aksinya bernyanyi, sambil berjoget, kolase foto dan lainnya.

Namun salah satu yang menjadi viral yakni video siswa berseragam SMA yang berjoget di kelas sambil ditutup matanya. Siswa SMA yang ditutup matanya itu memegang tongkat, dimana di sisi satunya tongkat itu dipegangi oleh siswa lainnya.

Gerakannya, siswa yang ditutup matanya mengikuti arah sesuai tongkat dibawa temannya. Kemudian aksi ini menjadi challenge Aiya Susanti di TikTok dan banyak diikuti pengguna lain.


Asal-usul Lagu Aiya Susanti
Banyak yang bertanya-tanya, darimana lagu Aiya Susanti ini dan kenapa bisa sampai viral. Dari penelusuran detikJabar, lagu ini ada dalam salah satu episode di serial kartun Malaysia yakni Upin & Ipin yaitu episode 'Kenangan Mengusik Jiwa' (musim 6).

Episode ini pun terbilang sudah cukup lama. Di Youtube potongan lagu ini diunggah pada 2013 lalu dimana dalam keterangannya disebutkan judul lagunya yakni Aiya Cik Siti (Ali Baba Bujang Lapok).

Channel YouTube Les' Copaque Production mengunggah episode itu pada 27 Juni 2013. Hingga saat ini Jumat (27/1/2023) video lagu itu sudah ditonton lebh dari 17 juta kali.

Dalam video itu terlihat adegan Susanti dan Mei Mei sedang menghampiri Upin - Ipin dan teman-teman di balai.

Susanti : Hei teman-teman. Kalian sedang apa?

Ipin : Kita nak tengok cerita P. Ramlee

Mei Mei : O cerita P. Ramlee, saya tau saya tahu.

Mei Mei kemudian melepas kacamatanya lalu memakai kain untuk menutup matannya. Sementara Susanti mengambil ranting kayu sebagai tongkat untuk dipegang Mei Mei di satu sisi lainnya.

Saat mulai memegang tongkat, mulailah Mei Mei bernyanyi lagu yang kemudian kini menjadi tren. Gambar yang semula berwarna pun berubah menjadi hitam-putih saat Mei Mei bernyanyi.

Sambil bernyanyi, Mei Mei terlihat mengikuti ke mana arah tongkat dibawa oleh Susanti. Ada juga bagian Susanti bernyanyi yang menggambarkan kegiatan mereka.


Lagu Aiya Susanti berasal dari Film Tahun 1961
Tak banyak yang tahu jika lagu Aiya Susanti yang kini menjadi viral ternyata berasal dari film Ali Baba Bujang Lapok yang rilis pada 31 Januari 1961. Film yang diproduksi Malay Film Productions ini ditayangkan dalam bentuk film hitam putih.

Film ini dibintangi sekaligus disutradarai oleh P. Ramlee, seniman legendaris Malaysia yang juga keturunan Indonesia.

Dikutip dari Wikipedia Malaysia, film Ali Baba Bujang Lapok ini diangkat dari kisah Ali Baba dan 40 Bandit dari Kisah 1001 Malam namun ditambah dengan unsur komedi. Film ini dibintangi oleh P. Ramlee, Aziz Sattar dan S. Syamsuddin dan menjadi debut Sarimah, dan dikenal sebagai film terakhir di mana P. Ramlee berperan sebagai penjahat/antagonis.

Dalam film tersebut ada adegan dimana tokoh Apek dan Marjina menyanyikan lagu ini. Dimana Apek matanya ditutup dengan kain sambil memegang tongkat, dimana satu sisi tongkat lainnya dipegang Marjina. Dari cuplikan video disebutkan jika lagu versi film Ali Baba Bujang Lapok ini berjudul Aiya Cik Siti.


Tangkapan layar, cuplikan lagu Aiya Cik Siti dari film Ali Baba Bujang Lapok di youtube. Foto: Istimewa



Komentar

Tampilkan

  • Lirik Lagu Aiya Susanti yang Viral di TikTok, Ternyata dari Film Tahun 1961 an
  • 0

Terkini